November 29, 2013

Delicious Local Food of Solo

Bicara tentang Makanan Khas Solo, hmm… bisa dibilang tak terhitung jumlahnya. Mulai dari yang murah sampai merogoh kocek yang paling dalam, Mulai dari yang dijual diatas gerobak pinggir jalan hingga yang tertata cantik ala resto jutawan. Hehehe. Semua terserah anda dan jumlah pundi rupiah yang anda punya. Tapi tulisan saya ini adalah satu diantara sekian tulisan yang ingin juga berbagi tentang beberapa menu yang layak anda coba ketika mengunjungi rumah kami, Solo. Ini dia Daftar beberapa Delicious Local Food of Solo:
  • Nasi Liwet
  • Nasi liwet adalah menu yang patut anda coba ketika waktu sarapan tiba. Dalam menu ini, Nasinya dimasak dengan santan jadi rasanya gurih seperti nasi uduk. Biasanya disajikan dengan sayur dan areh yakni bubur gurih dari kelapa dan potongan telur. Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang relative murah dengan sekitaran Rp.5000,00 (kalo didaerah saya^^v).
Nasi Liwet (dok: food.detik.com)
  • Serabi
  • Serabi termasuk salah satu jajanan (makanan ringan) yang rasanya gurih karena terbuat dari adonan santan kelapa dicampur dengan sedikit tepung. Kini serabi sudah dikreasikan dengan berbagai macam topping seperti buah, keju, meses dan adonannya juga berwarna-warni. Bahkan ada juga serabi yang disajikan dengan kuah.. yummy !

Serabi (Dok: foodspotting.com)
  • Sate Kere
  • Sate Kere ditaburi saus kacang ditambah irisan cabe rawit dan bawang merah segar. hmmm anda harus coba ini ! Anda bisa menemukannya disekitar manahan, Solo. Harga yang murah yakni tidak sampai seharga Rp.1000,00 per tusuk membuat ia dijuluki Sate Kere (Kere adalah bahasa jawa yang berarti miskin dalam bahasa Indonesia). Meskipun bukan terbuat dari daging sapi /ayam melainkan tempe kedelai /tempe gembus ini tidak kalah lezatnya dengan sate daging. Enak, Murah Meriah euy ! :D

Sate Kere (Dok: http://viandra-onepiece.blogspot.com)
  • Hik
  • Hik sebenarnya bukanlah nama sebuah menu, merupakan sebuah tempat dimana anda akan mendapati berbagai macam makanan dengan harga yang sangat terjangkau. Biasanya outletnya adalah gerobak yang diexpand menggunakan tenda. Primadona disetiap Hik adalah Nasi Kucing, yaitu nasi yang dibungkus dengan potongan Ikan Bandeng dan sambal yang nikmat ! Biasanya anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp 1500,00 saja. Murah meriah idaman saya ! hahaha :D. Untuk melengkapinya anda bisa menambahkan berbagai macam lauk pauk seperti telur puyuh bacem, tempe goreng, dst yang harganya dimulai dari Rp.500,00.
Ahok-Jokowi Menikmati HIK di Solo (Dok: solopos.com)
  • Dan masih banyak lagi kuliner khas Solo lainnya yang belum tertulis.
Oh iya di Solo juga banyak komunitas yang hobi kuliner, Jadi bagi yang ingin tau lebih banyak tentang kuliner Solo bisa menghubungi para komunitas itu. Hoho. kemudian tulisan ini juga sebenarnya tidak hanya bertujuan untuk sharing kepada para wisatawan yang sedang menikmati setiap langkahnya di Solo. Tapi juga sebuah tulisan harapan untuk semua masyarakat Solo, harapannya bersama kita explore lagi kuliner khas Solo, jangan sampai ada yang punah hanya karena tidak ada generasi penerus yang melanjutkan resep ataupun yang membagi, mempelajari kuliner khas Solo itu sendiri. Kalau dipikir makanan lokal rasanya juga lezat bukan? karena dewasa ini masyarakat suka sekali memakan sesuatu yang prestige. Mari ciptakan rasa cinta pada makanan lokal dan melestarikannya.

Selamat berjuang jadi Wong Solo
@atikathiyah

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...