September 2, 2013

Kenalan sama Hematoma

Jadi ceritanya saya habis jatuh (lagi), dan ini sudah tiga hari dimana memarnya masih kelihatan. Kata temen itu namanya Hematoma, engga papa katanya seminggu pasti juga ilang. Alhamdulillah, what a relief ya , hekeke.

Pada definisi, hematoma adalah koleksi (kumpulan) dari darah diluar pembuluh darah. Ia terjadi karena dinding dari dinding pembuluh darah, arteri, vena atau kapiler, telah dirusak dan darah telah bocor kedalam jaringan-jaringan dimana ia tidak pada tempatnya. Hematoma mungkin adalah kecil, dengan hanya satu titik darah atau ia dapat menjadi besar dan menyebabkan pembengkakan yang signifikan.

Pembuluh-pembuluh darah dalam tubuh selalu dibawah perbaikan yang konstan. Luka-luka minor terjadi secara rutin dan tubuh biasanya mampu untuk memperbaiki dinding pembuluh yang rusak dengan mengaktifkan kaskada penggumpalan darah dan membentuk tambalan-tambalan fibrin. Adakalanya perbaikan gagal jika kerusakannya ekstensif dan kerusakan yang besar mengizinkan perdarahan yang terus menerus. Begitu juga, jika ada tekanan yang besar dalam pembuluh darah, contohnya arteri utama, darah akan terus menerus bocor dan hematoma akan membesar.

Darah yang keluar dari aliran darah adalah sangat mengiritasi dan mungkin menyebabkan gejala-gejala peradangan termasuk nyeri, pembengkakan dan kemerahan. Gejala-gejala dari hematoma tergantung pada lokasi mereka, ukuran mereka dan apakah mereka menyebabkan pembengkakan atau edema yang berhubungan.
 
Memar-memar dan luka-luka memar
Istilah medis ecchymosis adalah apa yang orang-orang paling mengenali sebagai memar, atau darah yang telah bocor dari pembuluh darah yang pecah dibawah kulit yang disebabkan oleh luka. Kata lain untuk luka ini adalah contusion (luka memar). Ecchymosis cenderung rata sementara hematoma mempunyai lebih banyak karakter tiga dimensi. Begitu juga, hematomas mungkin terjadi pada segala organ dan tidak hanya dibawah kulit.
 
Hemorrhage
Hemorrhage adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perdarahan yang aktif. Istilah hematoma menggambarkan darah yang telah menggumpal.
 
Kalau mau kenalan sama hematoma lebih detail, klik disini yaps :)

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...