September 6, 2013

Cara Membersihkan Kacamata

 
 
Sebagian besar pengguna kacamata salah merawat lensanya (me too T.T). Mereka mengembuskan nafas ke lensa, kemudian mengelap uap dengan bajunya. Namun apakah hal ini benar-benar merusak lensa Anda? Teri Geist, ahli kacamata dari Nebraska, Amerika, dan presiden Asosiasi Optometris AS (AOA), memberikan pendapatnya.

Solusi Sederhana
Meski tersedia banyak produk di pasar yang mengklaim dapat segera menghilangkan noda di lensa kacamata, AOA merekomendasikan cara dasar yaitu dengan sabun. Menurut dr. Geist, cara terbaik membersihkan kacamata Anda adalah dengan membasuhnya dengan air hangat dan mencucinya dengan sabun cuci pring. Usapkan sejumlah kecil sabun (seujung jari Anda) sampai lensa berbusa. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain katun yang bersih dan halus.

“Setiap orang menggunakan kain baju mereka, salah besar!” ujarnya. “Kaus Anda pasti mengandung butiran debu dan berpotensi menggores lensa Anda.”

Kaca vs Plastik 
Dari sekitar 69,1 juta warga AS yang membeli kacamata resep tahun lalu, kebanyakan konsumen membeli lensa plastik. Lensa kaca tak lagi diminati seiring dengan meningkatnya kekhawatiran dari segi keselamatan. Sayang, tak seperti lensa kaca, plastik ringan dan mudah tergores.

Sekali lensa telah tergores, “tidak ada cara untuk menghilangkan goresan tersebut,” ujar dr. Geist. Upaya Anda membersihkan kacamata saat kering hanya memperparah goresan mengingat lensa dalam kondisi basah lebih licin dari lensa kering. “Orang-orang menguapi lensa kacamatanya dengan nafasnya kemudian mengelapnya dengan tisu atau serbet, karena lap seperti itu mudah ditemukan. Namun materi yang kasar tersebut justru mungkin meninggalkan beberapa butiran di lensa Anda,” ujar dr. Geist. Ia menambahkan, kain microfiber khusus cukup baik untuk membersihkan kacamata dalam kondisi kering di siang hari, namun tak seampuh membersihkan dengan sabun. Begitu pula dengan nafas Anda.
 
Sumbernya disini

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...