September 1, 2013

Batas nonton TV


Coba perhatikan berapa jam anak Anda nonton setiap harinya? Setiap pekan? Kita tahu bahwa anak adalah aset yang paling berharga bagi setiap orang tua, hingga tak sedikit dari para orang tua melakukan berbagai cara agar kualitas dan kemampuan anak mereka bisa optimal. Dan tentunya ini tergantung juga pada pola asuh orang tua, terhadap anak-anaknya. Ketika jaman telah dikuasai teknologi, maka sebagai orang tua kita harus bijaksana. Lebih mengedepankan sisi pendidikan dari pada teknologi modern.
Boleh saja kita memberikan hiburan bagi buah hati kita berupa hiburan dari elektronik, TV misalnya. Tapi harus dibatasi paling maksimal 2 jam sehari. Bila terlalu lama akan mempengaruhi perkembangan otak buah hati kita.

Anak balita yang terlalu lama menonton televisi dapat tertinggal dalam kemampuan berbicara dan berhitung.
Penelitian terbaru juga menyimpulkan bahwa bagi bayi berusia dua tahun, setiap satu jam kelebihan menonton dari batas waktu dua jam menonton dapat mengakibatkan dampak negatif pada kemampuan akademiknya serta dia lebih berisiko di-bully.

Hal tersebut disebabkan mereka tidak cukup mampu mengikuti proses membesarkan diri karena masalah konsentrasi dan fisik yang tidak sehat bugar.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Montreal merupakan studi pertama yang menemukan hubungan antara terlalu banyak menonton televisi dan risiko bayi yang miskin keterampilan motorik serta bermasalah dalam psikososial.

Profesor Linda Pagani yang memimpin penelitian itu mengingatkan orang tua agar membatasi balita menonton televisi tidak lebih dari dua jam TV sehari. “Temuan ini menunjukkan perlunya kesadaran orangtua dalam membatasi waktu menonton televisi bagi balita berusia dua tahun yaitu tidak lebih dari dua jam sehari, sesuai rekomendasi Asosiasi Pediatrik Amerika Serikat,” demikian Pagani.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap 991 anak perempuan dan 1.006 anak laki-laki di Quebec, semuanya berusia 29 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menonton TV selama lebih dari tiga jam tertinggal dalam kemampuan berbicara dan berhitung. Nah kan?
Sumbernya dari sini.

By the way, sebenarnya sudah banyak juga tv berlangganan yang bisa membatasi tayangan untuk anak. Tapi biar aman, kayaknya entah tv berlangganan atau bukan, akan lebih baik juga kurang dari dua jam saja ya. Selanjutnya perbanyak porsi aktivitas non tv,, tidur saja ! #eh bercanda , hueuheu :D

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...