June 16, 2013

Seafood Untuk Si Kecil


“Bunda dapat memberikan seafood dan olahannya kepada si kecil saat ia memasuki usia 6 bulan,” kata Frank Greer, seorang pediatrician dan former chairman of the American Academy of Pediatrics' (AAP) Committee on Nutrition.

Seafood merupakan bahan makanan yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang si kecil. Kandungan protein dan asam lemaknya bisa mendukung kecerdasan.

Jenis seafood seperti udang, ikan, kerang dan cumi-cumi tidak mengandung lemak jahat. Namun, justru sangat menguntungkan untuk meningkatkan kecerdasan otak dan mengurangi risiko gangguan perkembangan. Agar si kecil selalu tertarik mencicipi seafood, cobalah sajikan dengan berbagai olahan yang lezat seperti ini.

1. Digoreng

Makanan yang digoreng umumnya bertekstur renyah. Tesktur ini cenderung disukai anak-anak. Sajikan saja irisan kakap dan dilumuri dengan telur dan balut dengan tepung roti. Kemudian goreng dengan minyak canola yang menyehatkan. Selain bisa disajikan dengan nasi bisa juga menjadi isian burger.

2. Ikan irisan kecil

Karena si kecil cenderung menyukai hidangan yang praktis, sajikan hidangan ikan dalam irisan kecil-kecil untuk memudahkan saat makan. Bisa dibumbui dengan kecap dan dipanggang hingga kering.

3. Topping Makanan Kesukaan

Jika si kecil menyukai pasta, tambahkan juga potongan udang dan kerang tumis. Agar lebih meriah campurkan juga sayuran seperti jagung, wortel atau brokoli. Jangan lupa untuk berikan sedikit air jeruk lemon agar rasanya lebih segar.

4. Olah dengan bumbu favoritnya

Rasa ikan tidak akan kaya jika tidak ditambahkan bumbu masak. Olesi ikan panggang dengan bumbu kegemaran si kecil, seperti kecap, madu dan saus teriyaki. Agar rasa ikan semakin menggugah nafsu makannya.

5. Menikmati Seafood di tempat favorit.
Kalo yang ini asli, menurut pendapat Athiyah dengan mengamati sekitar. Agar anak doyan makan seafood ajak dia ke tempat favoritnya, atau ke tempat dengan nuansa yang berbeda dan tetap menyenangkan, sehingga mood untuk makan juga bertambah, alhasil doyan sama seafood. hehe.

AAP menyarankan agar si kecil tidak mengonsumsi seafood mentah atau setengah matang. Seafood mentah atau setengah matang tersebut mengandung bakteri atau virus yang dapat membuat anak jatuh sakit. dan untuk mengetahui lebih jauh tentang dampak seafood yang menyebabkan alergi dapat di cek disini.


sumber:
-food.detik.com
-foodforkids.biz

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...