April 12, 2013

Jodoh Genetik

Jodoh, jodoh dan jodoh… akhir akhir ini banyak sekali yang ngomongin soal jodoh. Apalagi mahasiswa tingkat akhir hihihi….. piss deh.Nah oke deh dikesempatan kali ini saya akan mengungkapkan sedikit uneg-uneg tentang jodoh. Selain factor cinta dalam memilih pasangan, orang tua jaman dulu memasukan criteria “bibit-bebet –dan bobot”. Trnyata orang tua kita dulu cerdas juga ya, hehehe ^_^. Tau nggak si? Kalau criteria bibit itu penting banget, alias berkaitan dengan kualitas genetic seorang pasngan. Selain itu jika kita memilih pasanbgan jangan hanya dilihat dari ayah dan ibunya saja, tetapi juga harus dirunut kekakek neneknya, bahkan kalau bias ke buyutnya, hehehe… Repot amat si? Kenapa begitu? Karena genetic itu diturunkan dan akan terlihat pada generasi ke 2 atau ke 3. Kita nggak maukan kalua anak kita terkena kelainan kromosom seks?, ya misalnya hemophilia, anodontia (tidak punya gigi), ataupun buta warna. Apalagi jika seorang pria salah menikahi seorang wanita yang akhirnya setiap kehamilan istrinya selalu gugur. Ada asap pasti ada apinya, begitu juga dengan kejadian-kejadian tersebut.



Bagi para lelaki ada sedikit tips untuk memilih seorang istri : 
  1. Usahakanlah memilih pasangan tidak dengan fenotip: postur tubuh pendek,dada lebar, payudara tidak tubuh, intelegensi rendah, hal ini dikarenakan wanita tersebut mengalami kelainan kromosom, yeitu dengan kehilangn satu x, sehingga kromosomnya 22AAXO. Hal ini akan mempengaruhi kualitas genetic yang dihasilkan oleh sang ibu, sebab taukah kamu? Bahwa banyak sekali keahlian yang diturunkan oleh seorang ibu dan tidak dipengarui oleh sang ayah, hal itu disebabkan oleh factor maternal inheritance. Misalnya penyakit rematik dan sejenisnya merupakan penyakit yang diturunkan oleh seorang ibu.
  2. Jika anda seorang laki-laki yang memilii golongan darah rhesus +, jangan menikahi wanita rhesus -. Hal tersebut memungkinkan anda untuk sulit mendapatkan keturunan lebih dari satu, sebab akan terjadi penggumpalan darah pada rahim ibu dan janin, yang sering disebut eritoblastotis fetalis. Sebaliknya jika anda ber resus – carilah istri yang berhesus negative pula. So! Cek darah dulu ya….
  3. Jika fenotip pasangan anda sempurna dan berintelegensi tinggi, STOP!!! Jangan bahagia dulu. Cobalah tengok silsilah keluarganya. Because, banyak sekali penyakit yang diturunkan oleh kromosom seks. Hal ini sebagian besar tidak dapat dilihat dari fenotip pasangan (wanita). Sebab wanita mamiliki kromosom XX, sehingga hal tersebut memungkinkan kromosom wanita tersebut bersifat carier (yang artinya pembawa penyakit, namun tidak terekspresi pada diriny). Contohnya wanita yang carier hemophilia (Xh,X) . Jika menikah dengan pria normal, maka keturunan laki-laki 50% akan terkena hemophilia (Xh,Y) dan gen tersebut terekspresi. So! Satu-satunya cara adalah melihat silsilah kakek-nenek dan buyutnya apakah ada yang terkena penyakit yang terpaut kromosom seks. Penyakit kromosom seks sifatnya selalu diturukan, contohnya hemofili, buta warna dan anodontia. Jika ingin mendeteksi penyakit tersebut menurun atau tidak, maka silahkan dianalisis: biasanya penyakit menurun itu sifatnya tidak bias diobati atau dalam kata lain belum ada obatnya hingga saat ini.
  4. Dan bagi anda yang memiliki pasangna (wanita) yang tidak kaya, jangan bersedih dulu. Faktor maternal inheritance dipengaruhi oleh DNA selain di inti, antara lain yaitu mitokaondria. So! Jika pasangan anda memiliki kakek dan nenek bahkan buyut yang kisahnya pernah kaya dan sangat kompeten, maka pasangan anda berkemungknan besar mewarisi keuletan bahkan kesuksesan tersebut.

Dan sedikit tips untuk para wanita, dalam memilih seorang suami: 
  1. JIka anda adalah wanita berhesus – maka usahakanlah anda memilih pasangan pria yang berhesus – pula, agar anda dapat meneruskan keturunan anda serta mencegah terjadinya keguguran pada kelahiran kedua jika bayi yang anda kandung memiliki rhesus +. Jadi saya sarankan untuk memilih pria yang berhesus – pula.
  2. Jika anda adalah seorang wanita yang sedang jatuh cinta kepada pria yang nakal (suka berbuat jahat), maka berfikirlah 1000x untuk berhubungan serius dengannya. Sebab anda perlu tau bahwa seorang pria yang sejak dari kecilnya suka berbuat jahat, bahkan criminal, serta sangat agresif merupakan pria yang memiliki kelainan kromosom. Yaitu memiliki kelebihan satu kromosom Y. sehingga kromosonya 22AAXYY, yang disebut sebagai sindrom pria super. (Pada wanita disebut wanita super, namun wanita super akan mati dan tidak dapat bertahan hidup lama sejak dilahirkan).So! buat kalian para wanita yang mungkin saja memiliki kemampuan untuk menaklukan hati para pria yang suka bertindak criminal maka berfikirlah lagi meskipun anda dapat mengendalikannya, sebab saya yakin anda pasti menginginkan keturunan yang sholeh dan sholeha. (Sok tau perasaan orang banget si gue??? Hahahaha ^_^).
  3. Begitu pula sebaliknya, warning buat para wanita yang memiliki pasangan (pria) yang sikapnya over lembut, alias sisi ceweknya sangat mendomonasi. Karena taukah kamu bahwa kemungkinan pria itu mengidap sindrom klinefelter. Yaitu pria yang kelebihan satu kromosom X, sehingga kromosomnya 22AAXXY. Laki –laki ini biasanya memiliki fenotip : kaki panjang, dada sempit, pinggul lebar, testis semakin dewasa semakin mengecil, dan cenderung berintelegensi rendah. Biasanya pada relitanya pria ini banyak yang akhirnya menjadi waria, selain itu pada kasus yang parah pria ini memiliki alat kelamin ganda.
So! Saran saya, pandai-pandailah memilih pasangan, karena seseorang yang bergenetik normal bias saja menghasilkan keturunan yang tidak normal, yang disebabkan oleh non_disjunctin (gagal berpisah) pada saat O’ogenesis dan spermatogenesis. Bisa kita bayangkan jika bibit awal sudah merupakan kromosom yang tidak normal maka kemungkinan yang lebih parah dapat terjadi. Tapi….., senua kembali pada tuhan yang maha berkehendak, ingatkah anda, bahwa ada seorang pasangan yang bisu, bertemu dengan pasangan yang tuli dapat menghasilkan keturunan yang normal… Semoga sedikt wawasan ini dapat menambah referensi para pembaca. Thank all… ^_^.

Terinspirasi dari Bapak dosen dan dekan yang saya banggakan (Prof. Sutarno)
26 Mei 2010 ruang seminar A.301FMIPA UNS
By: ichika_imoet ^_^

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...