April 10, 2013

Buat Apa Baca ?

Masih nanya: Buat apa baca? ckckck (*wkwk penulis lagi nggaya #eh)
Oke, ini nih beberapa manfaat dari membaca yang dikutip dari postingan salah satu toko buku di Indonesia. Simak ya guys :)

1. Membaca merupakan proses mental secara aktif.

Tidak seperti nonton TV, membaca membuat kita menggunakan otak kita. Hah? Gimana bisa?? Ketika membaca, kita akan dipaksa untuk memikirkan banyak hal yang kita belum mengetahuinya. Nah, dalam proses inilah peran sel abu-abu otak kita aktif untuk berfikir dan menjadi semakin pintar.



2. Membaca akan meningkatkan kosakata.

Kita dapat belajar bagaimana mengira suatu makna dari suatu kata (yang belum kita ketahui) dengan membaca konteks dari kata-kata lainnya di sebuah kalimat. Buku, terutama yang menantang, akan menampakkan begitu banyak kata yang mungkin sebaliknya belum kita ketahui.


3. Membaca akan meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Perlu waktu yang cukup lama untuk kita bisa fokus terhadap buku yang sedang kita baca. Tidak seperti majalah, internet atau email yang hanya berisi potongan kecil informasi, buku akan menceritakan keseluruhan cerita. Semakin sering membaca buku, otak kita juga sering dilatih untuk konsentrasi, sehingga konsentrasi dan fokus kita akan semakin lebih baik.


4. Membangun kepercayaan diri.

Semakin banyak baca, semakin banyak pengetahuan yang kita dapatkan. Dengan bertambahnya pengetahuan, akan semakin membangun kepercayaan diri. Jadi hal ini merupakan reaksi berantai. Karena sobat adalah seorang pembaca yang baik, orang-orang akan mencari sobat untuk mencari suatu jawaban. [Namun ingat, ikhlas tetap merupakan jalan untuk mencapai kesuksesan. Bersyukurlah selalu kepada Allah atas secuil pengetahuan yang kaumiliki].


5. Meningkatkan memori.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jika kita tidak menggunakan memori kita, kita bisa kehilangannya. Teka-teki silang adalah salah satu contoh permainan kata yang dapat mencegah penyakit Alzheimer. Membaca, walaupun bukan sebuah permainan, akan membantu meregangkan “otot” memori dengan cara yang sama. Membaca itu memerlukan ingatan terhadap detail, fakta dan gambar pada suatu literatur, alur, tema atau karakter cerita.


6. Meningkatkan kedisplinan.

Membaca? pingin sih, tapi ga sempat..., atau nanti aja kalo ada waktu luang...atau Malas ah, ngantuk... Siapa yang membuat jadwal untuk membaca buku setiap harinya? Hanya sedikit sekali. Karena itulah, tambahkan aktivitas membaca buku ke dalam jadwal harianmu dan berpegang dengan jadwal tersebut akan meningkatkan kedisiplinan.


7. Meningkatkan kretivitas.

Membaca tentang keanekaragaman kehidupan dan membuka diri terhadap ide dan informasi baru akan membantu perkembangan sisi kreatif otak kita, karena otak akan menyerap inovasi tersebut ke dalam proses berfikir kita.

Masih malas membaca?? ieyuhh. belum pernahkah membaca Al-Qur'an ? padahal ada salah satu ayat yang booming banget tentang membaca, yakni QS Al - Alaq ayat pertama :


اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ ١

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,
for more detail, bisa juga baca tafsir Surat Al- Alaq disini. So selamat membaca ^_^b

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...