May 27, 2012

(coba nulis) 1000 perbedaan website, webpage, blog, web blog dan homepage

(coba nulis) 1000 perbedaan website, webpage, blog, web blog dan homepage.

whouhh ! kurang alay apa coba judulnya. wkwkwk. tapi mohon maaf sebelumnya disini anda tidak akan menemukan benar-benar sepenuhnya 1000 perbedaan antara website, webpage, blog, web blog dan homepage, itulah kenapa dijudulnya ada tulisan -> (coba nulis). h0ooho0, maaf kalo situ merasa tertipu, tapi sungguh gag niat nipu.. just kidding ^.^v . Oke, then..check it out :)
  • Website 
contoh urlnya: http://www.namaanda.com/ , http://www.perusahaananda.net/ , http://www.komunitasanda.com/ , http://www.sekolahanda.sch.id/ , dll
Website itu wujud suatu keseluruhan suatu situs dan biasanya bersifat informatif serta menjadi pusat segala informasi. Biasanya dimiliki oleh seseorang, perusahaan atau organisasi masyarakat tertentu. Website itu ibarat sebuah buku, yang terdiri dari cover, daftar isi, halaman-halaman tertentu, dst. Ada juga website yang termasuk website komunitas.
  • Webpage
contoh urlnya: http://www.perusahaananda.com/caraiklagratis.htm.
http://www.perusahaananda.com/ adalah alamat sebuah situs, sementara "caraiklangratis.htm" merupakan alamat halaman spesifik atau webpage tadi. Karena satu halaman web biasanya merupakan sebuah file, maka satu web page bisa juga disebut sebagai satu file HTML. File HTML adalah jenis file yang digunakan untuk menyimpan semua data yang akan diakses oleh internet.
  • Blog
Blog adalah website yang isinya berupa tulisan-tulisan yang merupakan opini dari pemilik blog. Biasanya blog disajikan berurutan berdasarkan tanggal. Tulisan terbaru yang dibuat, dimunculkan di paling atas. Ciri lain dari blog adalah adanya komentar. Pembaca blog bisa memberikan tanggapan terhadap isi tulisan. Penulis blog bisa memberikan balasannya pula di bagian komentar itu. sehingga tercipta diskusi disana.
Beda blog dgn website adalah CONTENT-nya , kalau BLOG itu lebih personal dan lebih interaktir (bentuknya bebas, terserah yg punya, tanggung jawab moral kecil)
Yang membuat Blog lebih dipercaya dari website biasa : Blog merupakan “percakapan”.Blog tidak hanya sekedar “memberikan informasi” pada pengunjung. Blog melakukan “percakapan” menggunakan media tulisan. Ide dari banyak orang bercampur di blog. Dan percakapan via blog ini mendorong lebih banyak hal, dan salah satunya merupakan “membangun hubungan antar manusia”.
Kebanyakan penyedia blog memberikannya secara gratis. Seperti blogspot, wordpress, multiply dan masih banyak lagi. Ada pula penyedia layanan blog premium. Jadi, sebenarnya nggak ada hubungannya sebuah blog dengan layanannya yang gratis atau bayar.
Untuk kamu yang mulai serius ngeblog, ya sebaiknya mulai ngeblog dengan alamat domain sendiri. Alamat domain bisa diakhiri dengan .com, .net, .org, .tv, dan macam-macam. terserah kamu. hanya saja untuk memiliki blog di alamat domain sendiri yang tersebut tadi, kamu harus beli alamat domain dan sewa server.
Tapi inilah dunia jaman sekarang, jangan pernah lupa bahwa BAYAR itu lawankatanya GRATIS. So buat newbie seperti saya anda bisa membuat domain di co.cc, uni.cc atau domain gratis lainnya, lalu dengan hosting yang gratis 100% sepanjang hidupmu. (*yang ini kita bahas di post lanjut aja yach ;p)

  • Web blog
Blog itu kan merupakan istilah untuk mendefinisikan "catatan" alias "journal" a.k.a "log" (mereka yang cukup akrab dengan komputer biasanya gak asing dengan kata "log" yang artinya catatan) atau dikenal juga dengan catatan harian yang di-publish di internet. BLog sendiri datang dari penggabungan kata "web" dan "log" yang artinya "catatan web" alias "catatan (yang ditampilkan secara) online".
definisi antara web dan blog sebenernya engga jauh beda. pada mulanya istilah web blog adalah web yang di gunakan untuk catatan pribadi/diary. contohnya ya kayak punya saya ini: www.atikathiyah.co.cc.

  • Homepage
lebih berarti sebuah "halaman" tertentu milik seseorang pada suatu situs. Misalnya, seperti saya yang punya homepage pada situs http://about.me/, jadi alamatnya : http://about.me/athiyah. Dan pengertian "homepage" tadi tentu berarti bahwa alamat yang dirujuk (misal:http://about.me/athiyah) menampilkan sebuah "halaman utama" yang paling tidak berisi sedikit 'index' menuju beberapa "webpage" yang berada di bawah struktur homepage itu.
Homepage bisa diibaratkan sebagai cover sebuah buku, atau ruang tamu sebuah rumah.

bingung? baca sumbernya dibawah ini saja kalau begitu.. aku cuman ngrangkum ug.. peace ^^v
sumber:
  • http://forum.upi.edu/index.php?topic=792.0
  • http://ibuseno.multiply.com/journal/item/465/Perbedaan_Website_Blog_dan_Homepage_
  • http://adibwafi.wordpress.com/2010/11/01/perbedaan-antara-website-homepage-dan-webpage/


0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...