February 26, 2012

seribu sisi khasiat pengucapan nama Allah dalam kesehatan


Bismillah,
Pagi ini secara tidak sengaja, saya membaca sebuah artikel yang membuat saya merasa menjadi hamba-Nya yang kurang bersyukur. (-mugkin anda juga merasakan hal yang sama)

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah?, yang kamu dustakan? (QS. Ar Rahman :55)

Dalam sebuah penelitian di Belanda yang dilakukan oleh seorang profesor psycologist yang bernama Vander Hoven (VH) (2002), dimana telah mengadakan sebuah survey terhadap pasien di rumah sakit belanda yg kesemuanya non muslim selama tiga tahun.

Dalam penelitian tersebut, VH melatih para pasien untuk mengucapkan kata ALLAH (Islamic pronouncing) dengan jelas dan berulang-ulang. Hasil dari penelitian tersebut sangat mengejutkan, terutama sekali untuk pasien yang mengalami gangguan pada fungsi hati dan orang yang mengalami stress / ketegangan (tension).

"Orang-orang mu'min hatinya tenteram karena menyebut Allah, sebutlah nama Allah, karena dengan menyebut nama Allah hati menjadi tenteram." (QS. Ar-Ra'ad ayat 28).

AL Watan, surat kabar Saudi sebagaimana telah mengutip dari peryataan profesor VH tersebut, yang mengatakan bahwa seorang muslim yang biasa membaca Al-Qur'an secara rutin dapat melindungi mereka dari penyakit mental dan penyakit-penyakit yang ada hubungannya (psychological diseases).

VH juga menerangkan bagaimana pengucapan kata ALLAH tersebut sebagai solusi dari kesehatan , ia menekankan dalam penelitiannya bahwa setiap huruf dalam ALLAH yaitu:
  • 'A' dapat melonggarkan [ melancarkan ] pada jalur pernafasan (respiratory system), dan mengontrol pernafasan (controls breathing). 
  • sedangkan huruf konsonan 'L' dimana lidah menyentuh bagian atas rahang dapat memberikan efek relax. 
  • dan untuk huruf konsonan  'H' tersebut dapat menghubungkan antara Paru-paru dan Jantung dimana dapat mengontrol system dari denyut jantung (heart beat).
Subhanallah, sungguh luar biasa kebesaran Allah SWT ini, dimana penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor non muslim yang tertarik dan meneliti akan rahasia Al-Qur'an ini sangat mengejutkan para ahli kesehatan di Belanda. 

Namun,
Penelitian yang dilakukan oleh seorang non-muslim ini banyak mendapat tanggapan dari pihak muslim dan non-muslim. Terdapat banyak blog maupun website yang mempublikasikannya (-termasuk saya). Beberapa diantaranya adalah forum maroc dan forum talklfc. Tidak semua pihak menerima hasil penelitian Profesor Vander Hoven ini. Sebuah situs non-muslim (yang sepertinya juga anti Islam) menyebut penelitian ini dengan Islamic Pseudo-Science. Menurut saya, kritik yang mereka sampaikan ada positifnya. Dalam penelitian ini memang tidak dijelaskan biodata Profesor Vander Hoven, metodologi penelitian, nama media atau jurnal resmi yang mempublikasikannya, dan yang lain sebagainya. Akan tetapi itu hanyalah sebuah apologi defensif, yang tidak mengurangi substansi penelitian fenomenal ini.


Sekarang bagaimana dengan kita sebagai seorang muslim yang meyakini akan kebesaran kitab Suci Al Qur'an, yang terpenting adalah, sudahkah membaca dan mengamalkannya..?
  
"Ingatlah Aku, niscaya Aku mengingatmu. Dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu menggingkari nikmat-Ku" (QS. Al-Baqarah 152).
"Siapakah yang lebih aniaya daripada orang yang melarang menyebut nama Allah dalam mesjid-mesjid-Nya dan berusaha untuk merobohkan nya? Tidaklah sepantasnya mereka masuk mesjid-mesjid itu kecuali dengan perasaan takut kepada Allah. Mereka akan mendapat kehinaan didunia dan azab yang berat sekali di akhirat." (QS. Al-Baqarah 114)
"Sesungguhnya orang beriman itu orang yang apabila disebut Allah, gemetar hatinya dan apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat Allah, bertambah imannya dan kepada Tuhanlah mereka bertawakal." (QS. Al-Anfaal 2)
"(Orang-orang yang mendapat nur Illahi itu mengingat-Nya) dalam rumah-rumah (mesjid-mesjid) yang disitu Allah mengizinkan disebut dan dimuliakan nama-Nya. Didalamnya bertasbih memuji-Nya waktu pagi dan petang." (QS. An-Nur 36)
"Dan bagi pria yang banyak berdzikir kepada Allah dan bagi wanita yang banyak berdzikir kepada Allah dise-diakan ampunan dan pahala yang besar oleh Tuhan" (QS. Al - Ahzab ayat 35)
"Barang siapa yang tidak mau mengingat Aku, dia akan mendapat kehidupan yang sulit dan di akhirat akan dikumpulkan sebagai orang buta." (QS. Thaha ayat 24).
"Hai sekalian orang-orang yang Mu'min, sebutlah nama Allah sebanyak-banyaknya dan ber-tasbihlah pagi-pagi dan petang-petang" (QS. Al Ahzab ayat 41-42).
"Apabila kamu telah selesai shalat, tetaplah selalu mengingat Allah pada waktu berdiri, waktu duduk dan waktu berbaring " (sebagian dari QS An-Nisaa' 103)
"Barang siapa berpaling dari berdzikir (mengingat, menyebut akan Allah), Kami turunkan kepadanya seekor syaitan yang terus menerus menjadi kawan seiring baginya." (QS. Azzukhruf ayat 36)
"Sesungguhnya orang-orang yang ber-iman dan beramal saleh dan tetap hatinya ingat kepada Allah (selalu menyebut Allah), mereka itu isi syurga dan kekal didalamnya" (QS.Hud ayat 23)
"Sebutlah nama Tuhanmu dan beribadahlah kepadanya dengan se-penuh hati" (QS Al-Muzammil ayat 8).
Masih banyak ayat-ayat didalam Al Qur'an yang menganjurkan kita untuk banyak menyebut nama Tuhan kita yakni ALLAH SWT.
Masih adakah keraguan disana? coba tengok hati kita lebih dalam :)

Subhanallah, Astaghfirulloh, Allahu Akbar !

Referensi :
  • elfugue.multiply.com 
  • sharing-q.blogspot.com 
  • mufarridun.multiply.com
  • sayyidario.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...