September 8, 2011

Mahadaya Blogger pada Komunitas ASEAN 2015





Bismillah,

Awalnya saya ragu untuk menulis ini. pertama, karena sudah begitu mepet dari tenggang waktu yang disediakan. meskipun Lomba Penulisan Blog secara resmi diumumkan hari Sabtu 6 Agustus 2011 tapi saya baru mengetahuinya tanggal 27 Agustus 2011 kemarin dan baru sempat menulisnya sekarang. kedua, saya bukanlah penulis atau blogger yang profesional. Tapi tidak ada salahnya mencoba kan? :).
 
Sebenarnya aku tidak begitu mengerti apa sih ASEAN BLOGGER ? yang gimana tho Komunitas ASEAN itu? jangankan ASEAN BLOGGER, ASEAN saja terakhir mempelajarinya ketika duduk di Sekolah Dasar kalau tidak salah. Namun ketidaktahuan kita bukan berarti kita harus berhenti disini dan tidak mencoba menemukan jawaban-jawaban yang sebenarnya tinggal sejengkal saja dari kita. ~jemari saya pun tergelitik.

Alhasil dari berbagai macam browsing yang aku lakukan, aku mempunyai beberapa pandangan terhadap komunitas ASEAN itu sendiri. Okeyfine, cukuplah buat modal awal buat nulis. hehe. #MahadayaBlogger

Sedikit review tentang ASEAN: setahuku Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara yang biasa disebut ASEAN ini dibentuk dengan tujuan yang baik. Agar kita yang tergabung di asoasiasi ini bisa saling bekerja sama, berkolaborasi, kompak dalam mempromosikan perdamaian dunia. Sesuai Prinsip ASEAN di bawah ini:
  1. Hak setiap negara untuk memimpin eksistensi nasionalnya bebas dari campur tangan eksternal, subversi atau pemaksaan
  2. Saling menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesetaraan, integritas teritorial, dan identitas nasional semua bangsa
  3. Penyelesaian perbedaan atau perselisihan dengan cara damai
  4. Non-intervensi dalam urusan internal satu sama lain
  5. Efektif kerjasama di antara mereka sendiri
  6. Mencegah ancaman atau menggunakan kekerasan

~waaaaaaa keren @_@.

Udah sedikit ngerti tentang ASEAN kan? kemudian mari sejenak bermain pikiran tentang ASEAN BLOGGER. well, pendapatku tujuan dan segala macam visi misi dari ASEAN BLOGGER itu tidak jauh dari tujuan dan segala macam visi misi ASEAN.

hmm, setelah lama berpikir akhirnya saya memutuskan untuk memilih judul saya sendiri "Mahadaya Blogger pada Komunitas ASEAN 2015". kenapa Mahadaya? *eits jangan kira saya penggemarnya KD hlo ya? sebenarnya tidak! ^_^v

Alasannya sederhana, Kita semua tahu bahwa peranan social media (salah satunya blog) sangatlah berpengaruh di kehidupan sehari-hari. Isu-isu yang awalnya sepele namun karena cepat tersebar melalui social media menjadi suatu Isu yang tabu untuk tidak diperbincangkan.

tapi Komunitas ASEAN 2015 yang akan kita bicarakan ini adalah bukanlah suatu hal yang sepele. Oleh karena itulah alasan mengapa kehadiran ASEAN BLOGGER sangatlah penting!

so, kita bicarakan dulu tentang Komunitas ASEAN 2015 :)

Bahkan dari blog-blog yang beredar di dunia maya saya jadi tahu kalau ada 3 pilar Komunitas ASEAN 2015 yang akan diresmikan yaitu ASEAN Politik-Komunitas Keamanan , ASEAN Economic Community dan ASEAN Socio-Cultural Community . Pilar masing-masing memiliki Blueprint sendiri, dan, bersama-sama dengan Initiative for ASEAN Integration (IAI) Kerangka Strategis dan Rencana Kerja IAI Fase II (2009-2015) , mereka membentuk Roadmap untuk dan Komunitas ASEAN 2009-2015 .  
~waaa kerennnn
*lagi-lagi hanya bisa berdecak kagum. ternyata ada hal yang seperti ini tho? baru tahu saya.. (ini dibenakku. mungkin di benakmu jua) ^_^v

Back to Komunitas ASEAN 2015.

Menurut saya (lagi) kehadiran Komunitas ASEAN 2015 ini memang sangatlah diperlukan. kenapa?

karena saya berpikir begini: agar lebih mudah untuk berkomunikasi. jadi orang-orang yang mempunyai visi dan misi serta tujuan yang sama memiliki wadah sehingga segala aspirasi mereka dapat tersampaikan dan ditindak lanjuti. dan Harapannya Komunitas ASEAN 2015:
  1. Dapat merangkul semua pihak dan kalangan untuk berkontribusi aktif. Karena suatu komunitas itu terbentuk tak hanya dari satu elemen/negara saja.
  2. Dapat menjalankan/mendukung visi misi ASEAN.
  3. Terjalinnya koordinasi yang solid semua pihak.
  4. Dapat memperlancar kegiatan-kegiatan ASEAN selanjutnya.

Untuk melaksanakan harapan-harapan tersebut pastilah ada tantangannya tersendiri. Kalau sesuatu tidak ada tantangannya atau hambatannya pasti kuranglah berkesan; seperti kata pepatah "Bagai sayur tanpa garam" ~kurang ada taste!

Tantangan terbesar bagi Komunitas ASEAN 2015 adalah SDMnya alias Sumber Daya Manusianya. jika sumber daya manusianya buruk, ya hancurlah komunitas itu! perlu adanya Sumber Daya Manusia yang benar-benar Tangguh! agar mampu memecahkan berbagai masalah yang ada. Berjuanglah Komunitas ASEAN 2015! FIGHTING!

Kemudian Tantangan selanjutnya adalah bagaimana Komunitas ASEAN 2015 dapat menarik massa yang sebanyak-banyaknya untuk peduli dan berkontribusi pada setiap langkah Komunitas ASEAN 2015 yang merupakan suatu Usaha menuju perdamaian umat manusia yang tak hanya yang tergabung di ASEAN saja tapi jua seluruh dunia. disinilah ASEAN BLOGGER jua harus turut andil ikut serta :) Chayyo chayyo ASEAN BLOGGER!

Nah, mari bicara lebih dalam tentang ASEAN BLOGGER!

Sekilas tentang Komunitas ASEAN BLOGGER!

Komunitas ASEAN BLOGGER adalah Sebuah komunitas baru yang dibentuk dan dideklarasikan tanggal 10 mei 2011 lalu di jakarta. Bahkan Pak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun menyambut baik hadirnya Komunitas ASEAN BLOGGER ini.

Seperti yang kita tahu Komunitas ASEAN 2015 masih sangatlah kurang familiar di kalangan masyarakat. Apalagi orang awwam seperti saya yang tidak mengerti dunia orang besar (Pemerintah dan seluruh jajarannya). Its tragic!.

Oleh karena itu, Peran apa saja yang harusnya dilakukan Komunitas ASEAN BLOGGER (ASEAN BLOGGER Community) dalam menunjang keberhasilan Komunitas ASEAN 2015?

Menurutku (lagi dan lagi) Peran apa yang harus dilakukan oleh seorang ASEAN BLOGGER adalah sederhana saja, Lakukan saja Tugas dan kewajiban seorang ASEAN Blogger!

selesai! :)

Namun ada hal yang perlu dicatat yakni tentang hakikat nge-blog. Seperti yang disampaikan oleh Onno W Purbo yang terpenting blog adalah sarana untuk mengefisienkan proses amal, ibadah dan sedekah agar bermanfaat bagi orang banyak.

Sehingga, Dengan melaksanakan tugas dan kewajiban seorang ASEAN BLOGGER dengan baik, Niscaya tidak menyalahi deklarasi komunitas ASEAN BLOGGER yaitu:
  1. Membantu upaya-upaya memperkuat integrasi ASEAN yang bersifat kerakyatan (people centred) dan mendorong interaksi ASEAN dengan masyarakatnya yang lebih mendekatkan mereka satu sama lain.
  2. Memberikan masukan bagi berbagai kebijakan dan kerjasama pilar-pilar ASEAN bagi peningkatan kepentingan nasional dan kesejahteraan rakyat.
  3. Menjembatani komunikasi di antara blogger dan partisipasi public di antara rakyat di negara-negara ASEAN melalui blog dan sosial media serta kegiatan offline.
  4. Menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mendorong pelibatan blogger dan masyarakat agar memiliki rasa kepemilikan dan keinginan yang kuat untuk berpartisipasi dalam kerangka kerjasama ASEAN.
#Semoga satu tulisan ini dapat menambah minimal wawasan satu orang pembaca (*paling tidak si pemilik blog sendiri) sehingga pembaca tersebut termotivasi untuk mendukung segala aktivitas kebaikan yang dilaksanakan oleh Komunitas ASEAN 2015 dan Komunitas ASEAN BLOGGER. aamiin:)
Salam Semangat untuk Komunitas ASEAN 2015 dan Komunitas ASEAN BLOGGER. Semoga Sukses! \(^0^)/



Alhamdulillah.

3 comments:

  1. Tulisannya keren. :)

    Komunitas ASEAN 2015 merupakan program yg harus diwujudkan. Salah satu pendukungnya ya blogger itulah.
    Nice share.

    Tulisanku: http://0sprey.wordpress.com/2011/09/07/laskar-blogger-sebagai-pendorong-dan-pengawal-komunitas-asean-2015/

    ReplyDelete
  2. Thanks sindhu.. wah dr komunitas blogger cirebon ternyata ya?
    waa kereeen @_@

    ~saya masih sangat cupu,

    keep share ya :)

    ReplyDelete
  3. Semangat atikah!! Gapapa cupu asalkan cupunya tetap CemUngut dan jangan PUtus asa,,, hehehe

    Salam
    http://makara393.blogspot.com/2011/09/komunitas-asean-2015-yang-bebas-aktif.html#axzz1biQ7398l

    ReplyDelete

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...