August 31, 2011

Makna Pita Merah (HIV-AIDS)

Seorang teman sukses membuat saya merasa 'speechless' setelah bercerita tentang makna pita merah yang biasa dipakai orang pada umumnya untuk memperingati Hari HIV/AIDS.

bagaimana saya tidak speechless. jika selama ini yang saya ketahui sebagai simbol kepedulian.. CARE dengan penderita HIV/AIDS disebut sesungguhnya bermakna 'UNVICTORY'.

jariku kembali tergelitik untuk mencari kebenaran.
"makna dibalik simbol pita merah HIV AIDS"
on browsing ~

kulihat salah satu blog (karena yang lain jua copast kayaknya ^_^v) . sama seperti persepsiku, Lambang itu brarti kepedulian.. berikut isinya:
Dalam berbagai kegiatan dan organisasi yang berhubungan dengan HIV/AIDS, pita merah menjadi simbol yang lazim digunakan. Apa arti simbol ini dan bagaimana awal penggunaannya?


Pada 1991, sekelompok seniman peduli AIDS yang tergabung dalam Visual Aids ingin melakukan sesuatu untuk menghimpun solidaritas bagi para penderita HIV/AIDS. Mereka terinspirasi oleh tentara AS yang menunjukkan dukungan terhadap rekan-rekan tewas dalam Perang Teluk dengan mengenakan pita berwarna kuning. Mereka memutuskan melakukan hal yang sama dengan warna berbeda. 


Setelah berembuk, mereka memilih warna merah. Alasannya, merah adalah warna darah, tempat virus HIV berkembang. Selain itu, merah sering dianggap mewakili gairah. AIDS adalah penyakit mematikan, sehingga untuk menunjukkan solidaritas diperlukan simbol yang meningkatkan gairah hidup.


Sedangkan bentuk pita dipilih karena dianggap cukup sederhana dan mudah dibuat.Para seniman Visual Aids itu memiliki kontak dengan orang di Broadway yang akan menggelar acara penghargaan Tony Awards. Mereka membuat 3.000 pita merah dan mengirimkannya ke lokasi penghargaan. Aktor bernama Jeremy Irons pun muncul di televisi dengan menyematkan pita merah ini di dadanya saat menghadiri acara penghargaan tersebut. Sejak saat itulah, pita merah populer dan lebih dikenal sebagai simbol solidaritas terhadap HIV/AIDS. 


Pita merah juga berarti solidaritas terhadap penderita penyakit jantung dan stroke.

Tahukah anda?.
jari saya masih gatal, UNVICTORY -kata2 itu melayang dipikiran. phuft.
"makna dibalik simbol pita merah HIV AIDS unvictory"
~on browsing.
sebuah forum obrolan menarik mata: http://health.groups.yahoo.com/group/wartaaids/message/3. berikut isinya dengan sedikit perubahan:
apa sebenarnya yang ada di balik pita merah itu?

Simbol Pita Merah dimulai sejak April 1991 oleh lembaga amal kecil
yang bernama Visual AIDS, di New York. Mereka ingin menemukan sesuatu yang dapat selalu diingat, sebuah simbol yang akan menyatukan pelbagai suara dalam mengikhtiarkan respon yang berarti terhadap pandemi AIDS.

Visual AIDS didirikan oleh orang-orang dari dunia seni yang ingin
mencurahkan bakat dan sumber daya mereka untuk melakukan sesuatu terhadap AIDS. Karena hubungan mereka dengan banyak pesohor, Pita Merah cepat merebak di televisi dan acara-acara penting.

Sudah tentu, sebagian besar pemakai Pita Merah tidaklah terkenal. Di
Inggris, Pita Merah pertama kali dikenakan saat konser Mengenang Freddy Mercury oleh 70.000 penggemarnya, di Stadion Wembley bulan April 1992. Putri Diana mengenakan Pita Merah saat Concert of Hope Hari AIDS Sedunia. Saat ini seluruh dunia mengenakan Pita Merah untuk menunjukkan dukungan mereka.

Suzana Murni, pendiri spiritia (kelompok dukungan sebaya untuk Odha
dan Ohidha) menulis dalam 'Peran Seorang dengan HIV/AIDS dalam Upaya Penanggulangan HIV/AIDS':

Pita Merah adalah simbol kepedulian, tapi ingatlah bahwa makna
"peduli" di sini luas dan dalam. Ia tidak sekadar menunjukkan bahwa kita sadar bahaya HIV/AIDS. Pita Merah adalah simbol kebersamaan dan keprihatinan, karena telah banyak--dan sampai saat ini masih banyak--orang-orang seperti kita yang jatuh sakit dan meninggal karena AIDS. Pita Merah adalah huruf 'V' terbalik karena belum ada kemenangan (victory). Pita Merah seharusnya memberikan rasa hangat dan terlindung di antara kita. Jika hati kita belum menghayati makna-makna ini, sebaiknya tanyakan pada diri sendiri kenapa kita pakai Peta Merah?.
#Dan saya menjadi -Speechless..
for Odha dan Ohidha I'm sorry.. :'( 

3 comments:

  1. pp ne atik pita terbalik menandakan Victory..artinya tidak mendukung semua hal yang menyebabkan merebaknya virus HIV AIDS..nek pitane isih unvictory, artine hal2 yang menyebabkan AIDS masih ditolerir, padahal nek penyebab e dihilangkan, lama2 kelamaan virus e yo ilang sendiri...

    tak ada sebab, so tak ada akibat #hukumsebabakibat

    CMIWW

    ReplyDelete

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...