June 17, 2010

Saling menasehati dengan lawan jenis, bolehkah ?


Entah mengapa tadi sore [29mei2010] saya begitu terinspirasi dengan 'status' rekan saya di sebuah situs jejaring internasional yang dicandui oleh masyarakat dunia yang berkaitan dengan "NASEHAT".
"Demi masa. Sesungguhya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran." (QS. Al-Ashr : 1-3)

“Agama adalah nasihat bagi Allah, bagi Rasul-Nya, untuk para pemimpin umat Islam dan untuk para orang awamnya.” ( H.R Bukhari)

Dari dua pedoman sudah jelaslah bagi kita bahwa saling nasehat-menasehati dalam kebaikan adalah sesuatu yang bermanfaat tak hanya bagi yang diberi nasehat tapi juga yang memberi nasehat. Beberapa manfaat nasehat yang saya simpulkan sendiri:
  • melipat gandakan kekuatan diantara para pejuang dakwah utk menegakkan nilai kebenaran
  • menambah kesolidan antara kedua belah pihak
  • menyambung tali silaturahmi antara kedua belah pihak
  • dst.
Saya percaya anda dapat menarik kesimpulan ttg manfaat nasehat lebih banyak daripada saya. atau anda akan mendapatkan paparan yang lebih -gamblang- tentang nasehat di weblog yang lain. Sebenarnya yang membuat saya bersemangat menulis tentang nasehat adalah problematika yang sangat sederhana dan sering kita alami. yakni problematika yang muncul ketika ada -permaianan hati- disini,.
 
[mengertikah anda apa yang saya bicarakan?? ehm intinya ada 2 kata kunci yakni nasehat dan perasaan (hati)] . Mungkin anda bertanya-tanya atau malah masih bingung_ loh kugh bisa tho ada hubungan antara -nasehat dan hati-??

ahh, saya kugh jadi susah merangkai kata yaa.. saya berharap kalian mengerti apa yang saya bicarakan dan tahu kemana arah tujuan tulisan ini.,

lantas untuk menambah kualitas dan kuantitas tulisan ini, kemudian hari jum'at malam kemarin tanggal 11juni2010,.

Saya mencoba mengirim pesan singkat [sms] kepada rekan-rekan saya di SMA dulu, bunyi sms saya seperti ini:
"bla...bla...bla..., sebenarnya pandanganmu tentang saling menasehati dengan lawan jenis itu gimana sih?"
Tak lama kemudian, hape saya sudah bergetar.. lalu saya baca satu persatu balasan sms mereka demikian bunyinya:

****************************************************************************************************************************************************************

dari 281: "boleh-boleh aja yang penting gak menjurus ke hal-hal yang pribadi_ aku juga pernah tapi nggak langsung lewat sms ke ikhwan yang teman dekatnya. Tp kalo mo negur orangnya langsung ya monggo (monggo=silahkan)" . yg beliau maksud: misal saya mau nasehatin si 'X', nah saya sms ke si 'Y'(temen deket si 'X')

dari 019: "menurutku sih lebih baik dihindari, apalagi kalo udah ada rasa-rasa tertentu yang muncul. mungkin ada yang ngelak -ah biasa aja kugh-, tapi hati gak pnah bohong, jaga hati itu susah"

dari 270: "emm.. menurutku sih gk afdhol.. bgt, bgt, hanya situasi yg merisaukan itulah yg sulit dihadapi.. blm tentu byk yg mengerti bagaimana menasehati mereka (lawan jenis) krn disini yg bermain hati.."

dari 383: "log aku pribadi sih melakukan, aku sama si 'R' misalny, soalny kmi bdua g da tmn yg lain yg ngerti dlm hal agama yg sepaham, tp tentu sja ada batasanny.. sebatas bertanya&menjawab. klo dgn tmn2 cowok yg laen,, mungkin krn ketidakmengertian mereka, jd justru mrk yg byk nanya ke aq, tentu sja ku jawab sebisaku dgn pemahaman yg bisa mereka tangkap,, WALLAHU A'LAM..niat kita sama2 utk bdakwah, ya tentunya dgn cara kita masing2, krn kita sekarang tpisah budaya &kbiasaan org2x, tentu kitakan menyesuaikan jua :)"
dari 148: "QS. Al-Ashr.. apakah ada spesifikasi utk cowok menasehati cowok, atau cewek menasehati cewek..ini pandanganku terserah mo se7 apa tdk.." mksud 148 = tdk masalah saling menasehati dgn lawan jenis asal bisa menjaga hati aja_

dari 098: "jika tak berlebihan dan tak terlalu sering menurutku .. its okay tp kalo bisa ya mending sesama jenis.."

dari 456: "menurutku sih asal kita nasehatinya benar2 'nasehat' ya gpp kayak tausiyah gitu.. tp kalouda mlenceng jd curhat, hmmm uda tanda warning tuh_"

dari 126: "ya gpp. dinasehati apa adanya aja. mungkin mrk cuman pcaya ma kmu. dan itu artinya kmu juga hrs bisa jaga rahasia. tp kmu juga harus megang prinsip dan batasan!."

dari 174: "mnurutku itu 'harus'. amar ma'ruf nahi munkar itu pd smw org. cma tkadang tergantung sikonnya. bsa jd wajib, makruh, mubah, sunah, bahkan haram >kalo mlanggar aturan [misal niat salah]"

dari 816: "ktika saling menasehati sesama muslim itu sangat dianjurkan dalam agama islam.akan tetapi kalo obyekny dengan lawan jenis, mungkin hanya hati kita yang tahu. kalo pada akhirny berdampak negatif, ya dimanage!"
dari 233: "menasehati itu sah2 aja, tp setan itu sangat pandai menggoda, sehingga lama2 niat yg awalnya ingin saling menasehati akan jd niat yg lebih lg.. jd itu boleh2 aja asal nasehat menasehati dlm hal yg ada batasanny tp lebih baik kita batasi atau kita hindari, agar kita bisa mnjaga hati kita dan hati org yg kita nasrhati..krn isi hati yg tau hanya si pemilik hati dan pencipta hati -> ALLAH SWT. asal tdk bersifat pribadi dan beri pengertian perlahan.."
dari 112: "menurutku ya tetap sja bisa mnimbulkan hal yg tak baik, walaupun cuma saling nasehat-menasehati.."
dari 004: "kalo nasehat menasehati itu gak pandang jenis kelamin, spt di QS Al-Ashr:3. jd mnurutku, menasehati lawan jenis itu tdk apa2"

dari 852: "kalo menurutku jgn dibiasakan menasehati lawan jenis. memang awalnya pasti biasa saja tp ditakutkan keblabasan,. jgn sampai kmu minta nasehat ke lawan jenis slama kmu masih punya teman sejenis yang bsa nasehatin kmu.. kayak aku,, hehe. tp kalo da yg minta nasehat ke kamu nasehatin saja secukupnya plus jangan keseringan,,"

******
 
demikianlah beberapa reply sms yang saya dapat,. terlepas mana yang salah dan benar,. balasan itu adalah opini. jadi, harap dimaklumi_ kalo saya pribadi menyimpulkan; -boleh saling nasehat menasehati dengan lawan jenis tapi juga mesti hati2 menjaga hati- dan mungkin anda punya kesimpulan sendiri tentang problem ini, silahkan. berkreasilah asal tetap syar'i_

#mohon maaf ada beberapa sms yang tulisannya tidak sama persis dengan text sms yg saya terima, tetapi insyaALLAH penulis tidak mengurangi/melencengkan maksud yang disampaikan oleh sender.

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...