June 12, 2010

being a leader


“Salah satu hal yang saya senangi dari pimpinan saya adalah ia selalu memberitahu saya tentang arah atau tujuan pekerjaan yang akan dan sedang kita kerjakan”.
Demikian komentar dari seorang petugas fotocopy terhadap pengawasnya
“Ia selalu memberikan kesadaran atas layanan yang diinginkan oleh konsumen, dan saya diberi kebebasan unuk menjalankannya”

---
Kekaguman saya atas seorang dirigen adalah kemampuannya dalam menselaraskan pekerjaan setiap pemusik dengan berbagai keahliannya. Di tangannya lah sebuah musik yang indah dan merdu dapat dinikmati oleh setiap pendengar. Kata sang dirigen, “kuncinya hanyalah satu, saya harus melihat bunyi apa yang akan dikeluarkan oleh setiap pemusik. Jika tidak, jangan-jangan amburadullah orkestra ini”

---
Seorang pemimpin sebuah organisasi, dapat diibaratkan laksana seorang nahkoda bagi sebuah kapal.

Ia harus mampu menguasai dirinya sendiri, mampu memberikan keyakinan bagi ABK, menguasai setiap detil tentang kapalnya, dan sekaligus memahami seluk-beluk lautan yang diarunginya.

--------------------------------------------------------------------------------

Seorang konsultan, dalam sebuah pertemuan bisnis bertanya “Mengapa anda tetap bertahan dalam perusahaan ini”

Salah seorang manajer menjawab “Saya tetap berada di sini sampai 15 tahun, karena sebuah sarung tangan softball”. Lho??

Suatu hari anak saya telepon dan meminta sarung tangan softball, padahal gaji saya tidak cukup untuk itu karena saya baru diangkat sebagai karyawan dengan gaji yang hanya cukup untuk keperluan primer. Sekitar 15 menit kemudian, bos saya memanggil dan mengajak saya ke gudang. Di sana, ia mengatakan bahwa ia memiliki sarung tangan softball yang masing disimpannya.

“Jika anda memerlukan, silahkan digunakan, apalagi untuk membahagiakan seorang anak”

--------------------------------------------------------------------------------

Seorang juru masak dalam suatu usaha katering pernah menyataan bahwa ia merasa senang bekerja di usaha katering saat ini.

Salah satu alasannya, ia merasa bahwa dalam setiap pesanan, ia mendapat kesempatan untuk ikut menyusun dan menentukan komposisi menu.

Ia tidak sekedar menjalankan perintah saja.

--------------------------------------------------------------------------------

“Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya” (HR. BUKHORI)

--------------------------------------------------------------------------------

mungkin semua menganggapku terlalu membesarkan sebuah masalah...
aku akui, itu benar!
nyatanya aku tak tentram oleh suatu masalah

pada dasarnya setiap orang adalah pemimpin

yang aku takutkan ketika di akhirat kelak

ketika ALLAH SWT bertanya padaku:
"mana pertanggung jawabanmu atas mereka?"
"apa yang ingin kau sampaikan pada-KU?"

Ya ALLAH maafkan hambamu ini...
Kawan maafkan saya karena belum bisa memberikan yang terbaik bagi kalian...

-----------------------------------------------------------------------

[14 Januari 2010 jam 10:09]

0 komentar:

Post a Comment

jangan lupa ninggalin jejak ya ^.^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...